PROPOSAL  USAHA PIXIE DUST CAFE ICE CREAM & INSPIRATION CORNER

A.  LANDASAN GAGASAN USAHA
Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, semakin berkembangnya zaman muncul berbagai tempat-tempat makanan yang menyajikan berbagai makanan dengan inovasi baru yang unik. Makanan yang bermutu, sehat dan bergizi serta tempat yang nyaman menjadi salah satu yang diinginkan para penikmatnya. Selain sebagai tempat makan biasanya kafe menjadi tempat berkumpul dan bersantai, khususnya para kalangan remaja maupun pegawai kantoran untuk membicarakan tentang pekerjaannya serta tempat yang cocok untuk arisan bagi para kaum wanita atau bagi masiswa yang sedang ingin mengerjakan tugas berupa penelitian, skripsi ataupun tugas - tugas kuliah. Biasanya sekelompok orang suka berkumpul disuatu tempat yang dianggapnya nyaman serta dapat mendukung aktivitas yang dilakukannya. Pada ”Pixie Dust Cafe Ice Cream & Inspiration Corner”tidak hanya sebagai tempat untuk makan tetapi tersedia juga ruang khusus untuk belajar yang disertai dengan perpustakaan kecil yang dilengkapi fasilitas wifi sehingga menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi. “Pixie Dust Cafe Ice Cream & Inspiration Corner”ini menawarkan pelanggan dengan berbagai hidangan makanan berat hingga ringan. Menu utama dari  ”Pixie Dust Cafe Ice Cream & Inspiration Corner”ini yaitu berbahan baku kedelai dan susu yang dihidangkan dengan nasi ataupun pasta dan es krim dari dari . Serta makanan lainnya seperti Pancake, waffle, Roti Bakar. Serta minuman pelengkap dan aneka macam jus buah segar dan sehat yang disajikan secara unik. ”Pixie Dust Cafe Ice Cream & Inspiration Corner”menyajikan cita rasa khas yang berbeda dan memiliki banyak peminat.
B.  MEMBUKA USAHA
Bentuk usaha ini yaitu berupa tempat makan yang bergerak di bidang pelayanan dan penjualan produk karena usaha yang dilakukan sifatnya merupakan usaha bersama dengan modal bersama dan keuntungan dibagi bersama berdasarkan besarnya Inbreng (pemasukan) dari masing-masing pemodal, dimana seluruh aktivitas yang timbul dalam pengelolaan menjadi tanggung jawab pendiri usaha. Usaha ini menerapkan berbagai macam aspek dengan memiliki ciri-ciri khas tersendiri dari berbagai macam bentuk usaha lainnya yang ada. Selain itu, badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, badan hukumnya merupakan subjek hukum dan kekayaan yang terpisah (modal). Selain itu izin usaha pembuatan cafe ini yaitu berdasarkan UUD No. 20 tahun 2008 Tentang Usaha Kecil, Mikro dan Mengengah. Pixie Dust Cafe  Ice Cream & Inspiration Corner ini, direncanakan akan dibuka dengan soft launching sekitar bulan Maret 2021, di atas lahan seluas 200m2 di daerah  Monumen Emmy saelan, Makassar.
Dalam jangka panjang, usaha ini akan memperluas area yang sudah ada, dan penambahan sumber daya manusia serta fasilitas yang tersedia. Serta membuka cabang diberbagai tempat.
C.  EVALUASI PASAR & PEMASARAN
Analilis Pasar yaitu Mengembangkan usaha untuk memasuki peluang pasar dengan produk yang andal dengan berbagai iklan, santunan dan promosi yang kreatif untuk menguasai pasar. Memenangkan persaingan secara sehat dengan membuat dan menemukan peluang yang kreatif dan luar biasa. Pencapaian target konsumen dilakukan seluas-luasnya dengan segmentasi yang terencana dengan baik. Segmentasi pasar  yaitu Calon konsumen yang ingin diraih adalah seluruh kalangan konsumen baik dari konsumen kelas atas ataupun dari kelas menengah ke bawah yang terdiri dari semua umur, jenis kelamin dan kalangan baik itu dewasa anak-anak dan terutama kaum remaja.
Potensi jumlah konsumen dari kelas atas maupun kelas menengah ke bawah adalah optimis tinggi karena bisnis ini tergolong sederhana, higienis, banyak diminati dan tentunya karena harganya yang terjangkau.
Kesimpulannya segmentasi pasar yang kami miliki sangat luas serta tidak memiliki batasan sehingga sangat petensial untuk dikembangkan.
Target pasar / peramalan pasar  Pasar untuk bisnis ini sangat luas. Konsumennya bisa berasal dari semua kalangan terlebih dengan harga yang terjangkau maka pasar dapat terdiri dari kalangan pelajar sekolah, mahasiswa, para pekerja dan orang yang berpenghasilan rendah sampai menengah.
Tetapi kami akan lebih memfokuskan kepada konsumen dari kalangan anak muda Makassar yang dinamis serta memiliki minat yang tinggi untuk nongkrong, nonton film, mendengarkan musik atau hanya sekedar melepas penat. bagi kesibukan sehari-hari. Oleh sebab itu proyeksi pertumbuhan pasar diharapkan mampu berkembang dengan pesat karena dari segi lokasi usaha sendiri memang belum terdapat persaingan yang ketat sehingga kami mempunyai peluang pasar yang akan terus berkembang.
Strategi Bisnis dan Implementasi Strategi pemasaran (marketing mix)
Product : Produk ice cream dan Menu lain  yang kami tawarkan menggunakan teknologi mesin ice dan peralatan masak yang canggih, aman dan berstandar tetapi dalam pembuatannya kami menggunakan resep-resep khusus yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan pesaing. Produk dikemas dan disajikan dengan cantik dan menarik. Pelayanan penjualan produk yang ramah sehingga konsumen mendapatkan kepuasan.produk kami memiliki barand dan kualitas yang terjamin.
Manfaat dan keunggulan produk : Keunggulan produk kami adalah es krim yang memiliki kandungan lemak yang rendah serta menu yang vegetarian dan sehat tidak bersifat fast food. Bukan hanya itu, menu makanan yang kami sediakan sangat menyehatkan karena mengandung protein yang tinggi (dari susu) dan kadar gulanya juga rendah sehingga baik untuk tubuh. Selain protein, juga terkandung calcium dimana calcium dapat melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit chronis seperti kanker, sakit kepala sebelah, obesitas anak-anak dan membantu kita untuk menghilangkan lemak yang tidak kita inginkan. Selain itu kami memiliki inspiration corner yang dpat digunakan oleh siapa saja karena sudut ini merupakan tempat untuk mendapatkan ispirasi dimana dalam ruangan ini terdapat buku, komik, novel, jurnal penelitian hingga contoh skripsi yang di update setiap dua tahun sekali, jadi data yang dilampirkan tidak expire.
Promotion : promosi dilakukan di berbagai tempat keramaian secara intensif dengan sales promosi sehingga diharapkan banyak orang yang mengetahui keberadaan usaha dan tertarik untuk membeli produk.
Kegiatan promosi tersebut dapat berbentuk pemberian brosur, sample, pemberian voucher, iklan media massa, pamflet/spanduk dengan mengedepankan efisiensi dana, sifat pasar dan misi dari kegiatan iklan dan publikasi.
Untuk pelayanan kami memberikan service yang sempurna kepada setiap konsumen yang datang Pixie dust Cafe dengan sales promotion girl (SPG) yang sudah terlatih/berpengalaman.
Price : untuk harga dapat ditekan dalam beberapa produk tertentu dengan kombinasi pedoman penetapan harga berdasarkan biaya produksi (cost plus pricing), penetapan harga berdasarkan nilai atau manfaat produk dan penetapan harga berdasarkan persaingan. Untuk cost plus pricing yaitu dengan biaya operasional/produksiyang seminimal mungkin, tetapi juga akan dinaikkan seiring dengan mutu produk. Kami memberikan patokan harga yang murah tetapi mampu bersaing dengan kompetitor. Harga berkisar antara Rp 10.000,- sampai dengan Rp 50.000,- saja.
Place : penempatan lokasi sudah direncanakan dengan baik yaitu berada di lokasi strategis dekat dengan lingkungan kerja (kantor), lingkungan kampus juga lingkungan sekolah dan lingkungan umum dengan sasaran utamanya adalah anak muda sehingga lokasinya strategis dan memenuhi semua chanel. Lokasi Pixie Dust Cafe Ice Cream & Inspiration Corner juga bebas dari kemacetan dan mudah di jangaku dari arah pusat kota.
Power : usaha ice cream ini selain dijual di rumah usaha (Pixie Dust Cafe Ice Cream & Inspiration Corner) juga akan diperluas usahanya sesuai dengan perencanaan yaitu dijual dalam pesanan tertentu untuk berbagai keperluan.
Public Relation : kegiatan usaha ini disediakan orang-orang yang sudah profesional dalam bidang public relation untuk mengelola pengenalan kegiatan usaha. Mutu pelayanan menjadi perhatian utama agar perusahaan memiliki citra yang baik dimata konsumen dan masyarakat.
6P strategi pemasaran tersebut adalah untuk meyukseskan perusahaan yang dikenal dengan 4O yaitu:
·         Object (barang yang dihasilkan untuk dijual)
·         Objective (tujuan memperoleh keuntungan jangka panjang)
·         Organization (bentuk organisasi yang efektif dan efisien)
·         Operative (pengoperasian organisaisi sesuai dengan strategi)

Strategi periklanan dan publikasi
a. Menentukan Sasaran:
konsumen yang dituju adalah semua kalangan dari usia sekolah, mahasiswa bahkan sampai para pekerja terutama masyarakat menengah keatas.
 cara mencapai sasaran yaitu dengan melalui berbagai media seperti iklan radio, koran, majalah, berbagai brosur, iklan cetak dan lain-lain. Namun sarana yang paling penting disini adalah word mouth (dari mulut kemulut) dengan memberkan mutu pelayanan yang semaksimal mungkin diharapkan konsumen akan ikut menjadi subjek pemasaran.
b. Besarnya Anggaran (budget) Iklan:
budget iklan didasarkan pada persentase perkiraan volume penjualan per periode yaitu sebesar 25%-40% dari perkiraan total nilai penjualan dari tahun pertama.
c. memilih media massa yang tepat dan bekerjasama dengan rekan usaha yang saling menguntungkan ( misal dalam bentuk brosur, pamflet, iklan di radio/surat kabar) untuk beriklan di media koran/majalah dilakukan setiap seminggu sekali.
d. desain iklan
desain iklan kami buat semenarik mungkin, kreatif dan komunikatif sehingga pasar yang dituju dapat mengerti dan tertarik dengan produk es krim dan bolu kami.
e. Mengevaluasi hasil iklan:
membandingkan biaya iklan dengan penghasilan perusahaan. Dilakukan juga pengujian atas keberhasilan promosi dengan hasil penjualan yang akan dievaluasi setiap bulannya.
Kelebihan usaha yaitu Pixie Dust Cafe  Ice Cream & Inspiration Cornerini memiliki beberapa elemen utama yang menjadi keunikan  seperti menu utama yang disajikan dengan jamur yang memiliki berbagai manfaat seperti  mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah sehingga cocok bagi pelaku diet. Serta menyediakan berbagai jenis minuman segar yang unik seperti Snow Ice , Es Permata, dan Tropical Fruit. Dan juga menyajikan berbagai rasa es krim dari susu kedelai berkualitas seperti coklat, strawberry, vanilla, blackcurrant, anggur, jeruk dll disertai bahan-bahan penghias sekaligus penambah kenikmatan (toppings) rasa es krim seperti kismis, ceri, kacang almond, saus tiramisu, melted coklat, melted keju, madu, dan potongan kecil buah-buahan lainnya. Dan Es krim itu sendiri bisa menjadi topping pada pancake maupun waffle. Pixie Dust Cafe  Ice Cream & Inspiration Cornerini pun juga menyediakan Es krim dengan kadar lemak yang rendah. Pada Pixie Dust Cafe  Ice Cream & Inspiration Corner terdapat Metode buffet dan self-service dimana konsumen dipersilahkan untuk memilih dan berkreasi sendiri rasa es krim yang diinginkannya dan juga dalam Mix Fruit.Pixie Dust Cafe  Ice Cream & Inspiration Corner ini disertai dengan fasilitas yang menarik seperti kebutuhan publik seperti akses wi-fi gratis, mushola, toilet, free parking area, smoking and non-smoking area, meeting room, library dan yang paling strategis yaitu bagia sudut inspiration corner dari cafe ini. Fasilitas tersebut disediakan dengan tujuan sebagai nilai tambah bagi konsumen sehingga dapat menarik mereka untuk berkunjung kembali. Kafe ini terdapat ruangan in door maupun out door . Suasana di dalam kafe ini pun di desain dengan tema Terquoise,Chocolate Mix and Dynamic yang memiliki keunikan tersendiri dan akan disenangi oleh kalangan Remaja. Fasilitas yang disediakan juga membuat para konsumen akan merasa nyaman jika berada di Pixie Dust Cafe  Ice Cream & Inspiration Corner dan ingin kembali lagi.
Adapun ancaman dalam usaha bisnis ini adalah Ancaman utama yang dihadapi oleh usaha ini adalah perusahaan-perusahaan besar yang telah dikenal oleh masyarakat. Persaingan yang utama adalah berkaitan dengan kualitas pelayanan, lokasi tempat , produk , dan fasilitas penunjang lainnya, serta menu makanan yang disajikan. mempunyai pangsa pasar yang sangat besar serta mempunyai nama dan lebih dikenal di masyarakat. Namun ancaman ini yang menjadi faktor pendorong agar kafe ini bisa lebih maju dan lebih giat dalam berproduksi, selalu meningkatkan dan mempertahankan mutu, kekhasan dan kualitas supaya dapat merebut segmen pasar dan konsumen tidak berpaling pada tempat lain.
D.  EVALUASI TEKHNIK DAN TEKNOLOGI
Penempatan lokasi sudah direncanakan dengan baik yaitu berada di lokasi strategis dekat dengan lingkungan kerja (kantor), lingkungan kampus juga lingkungan sekolah dan lingkungan umum dengan sasaran utamanya adalah anak muda sehingga lokasinya strategis dan memenuhi semua chanel. Lokasi Pixie Dust Cafe Ice Cream & Inspiration Corner juga bebas dari kemacetan dan mudah di jangaku dari arah pusat kota. Cafe ini akan dibangun diatas luas tanah 200m2. Untuk kebutuhan air dan listrik wilayah yang strategis pada pembangunan Cafe ini sudah termasuk wilayah yang lancar air PDAM dan mendapatkan jangkauan Listrik yang bagus. Pembagian pembuatan Ruangan Cafe ini yaitu dibagi menjadi ruangan Kerja atau Office Line room, Ruangan cafe itu sendiri, yang paling penting pula Corner Inspiration Room yang diperuntukan bagi pengunjung Cafe yang ingin mendapatka tempat yang lebih Private dimana didalam ruangan terdapat buku, comic, novel, jurnal penelitian dan contoh skripsi yang di update setiap du atahun sekali. Disediakan juga Smoking area bagi mereka yang merokok selain itu pada halaman depan kafe terdapat taman dan gazebo tempat beristirahat atau bila ingin menikmati udara yang lebih segar. Peralatan kantor yang diperluka yaitu berpa peralatan administratif yang umumnya digunakan dalam cafe yang lain.
Uraian Bahan Baku: Dalam pembuatan makanan berat seperti pasta memiliki bahan penusun utamanya tepung terigu, telur, air berbagai macam jamur serta bahan pelengkap dan penyedap. Selain itu dalam pembuatan es krim, ada lima komponen penyusun es krim: Krim, Skim, Air, Gula dan Stabilizer.  Komponen terpenting dari es krim adalah lemak susu dan susu skim. Kadar air dalam es krim antara 60% - 62% agarcreamy. Dengan kadar bahan kering adalah 38% - 40%.
Bahan Baku dipasok setiap seminggu sekali dangan bahan-bahan yang bermutu serta berkualitas.
Uraian Peralatan: Karena usaha ini masih baru didirikan maka alat yang digunakan masih sederhana sesuai dengan kapasitas produksi yang masih kecil. Peralatan utama yang digunakan adalah oven, meja, kursi, peralatan memasak, mesin pembuat es krim, lemari pendingin,  tempat untuk menaruh bahan-bahan makanan, gelas, sendok,piring hidang dan peralatan dapur maupun penunjang lainnya.

E.  EVALUASI  MANAJEMEN
Tim manajemen terdiri dari, yaitu :
ü  Pemilik                 : bertugas mengatur dan mengawasi jalannya usaha  serta kerja para karyawannya dan  bertanggung jawab penuh atas semua kelangsungan usaha.
ü  Manager Operasi  : sebagai kepala dalam operasional kafe. Tugas manger operasi adalah berusaha mengelola secara optimal penggunan faktor produksi seperti tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan faktor produksi lainnya dalam proses tranformasi menjadi berbagai produk barang dan jasa.
ü  Divisi Produksi       : yang menangani aktivitas produksi makanan, minuman dan desain tempat. dengan dipekerjakan 2 orang juru masak yang handal dan berpengalaman. Yang bertugas menyiapkan pesanan dari tamu, bertanggungjawab terhadap proses produksi operasional cafe. serta mengontrol jalannya usaha
ü  Divisi Pemasaran   : yang menangani aktivitas pemasaran seperti mengadakan promosi.
ü  Divisi Keuangan    : yang menangani masalah pemasukan dan pengeluaran kafe. bertugas sebagai kasir yang mana harus dapat melayani pembayaran konsumen dengan ramah dan sopan.
ü  Divisi Pelayanan    : terdiri dari 7 karyawan, 3 karyawan sebagai pramusaji yang bertugas mengantarkan makanan dan minuman yang dipesan pelanggan dan bertanggung jawab atas semua pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Selain itu, pramusaji juga bertugas membantu membersihkan perlengkapan makan yang kotor. Adapun tugas lainnya, sebagai berikut:
a.       Melayani tamu secara profesional.
b.      Memperhatikan kebutuhan tamu.
c.       Mengetahui produk yang dijual.
d.      Bertanggungjawab terhadap operasional cafe.
e.       Menerima pesanan dari tamu.
f.       Menyiapkan makanan dan minuman tamu.
g.      Membersihkan peralatan yang kotor.
1 orang karyawan sebagai kurir yang  bertugas mengirim pesanan makanan dan minuman yang di pesan oleh pelanggan,1 orang karyawan sebagai security, security bertugas mengamankan keadaan café saat terjadi kericuhan  dan 2 orang  karyawan lagi sebagai cleaning service. Cleaning servicebertugas membersihkan ruangan yang ada dan bertanggung jawab agar kafe tetap bersih dan nyaman.




F.   EVALUASI ASPEK HUKUM & LEGALITAS
Pixie Dust Cafe Ice Cream & Inspiration Corner ini telah memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) yang telah diurus di Departemen Perdagangan dan Perindustrian. Semua Menu dan Produk dari cafe kami juga sudah dijamin halal dan memiliki sertifikat BPOM. Selain itu usaha ini mengacu pada UUD No 20 tahun 2008.
G. EVALUASI KEADAAN FINANSIAL
a.       perencanaan keuangan Perusahaan didirikan oleh modal pribadi modal patungan dan modal pinjaman. Dalam pengoperasian usaha ini dibutuhkan peralatan berupa mesin produksi yang akan disusutkan sebesar 5-10% pertahun dan kendaraan untuk alat transportasi. Modal dipergunakan seefisien mungkin sehingga untuk penggajian karyawan tetap sesuai dan memuaskan sehingga diharapkan akan terjadi timbal balik dari karyawan. 
b.      akuntansi keuangan Setiap transaksi baik itu kegiatan produksi, distribusi (pemasaran), iklan, prive dan transaksi perusahaan lainnya akan dicatat dan dianalisis oleh pihak akuntan untuk dapat mengambil kebijakan dan meramalkan usaha.
c.       analisis keuangan Menganalisis kinerja perusahaan terhadap penyimpangan-penyimpangn yang mungkin terjadi, analisis volume biaya keuntungan, analisis bauran penjualan, resiko dan untung-rugi perusahaan.
d.      akuntansi manajemen Menyediakan dasar pengalokasian biaya bagi setiap produk atau proses serta mempersiapkan dan mengontrol anggaran biaya.
e.       Penganggaran Menyeleksi dan merencanakan investasi modal yang didasarkan pada besar pengembalian/keuntungan yang akan didapat dari investasi tersebut.

Komentar